Peran Penting Forwarder Ekspor

Untuk Anda semua yang mungkin bertanya-tanya mengapa ekspor dan impor membutuhkan layanan forwarder, inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu jasa freight forwarder, terutama dari perusahaan terpercaya seperti UNIAIR CARGO. Jika Anda seorang pengusaha atau manajer merek dari berbagai industri, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa begitu banyak perusahaan di Indonesia dan di seluruh dunia memilih untuk outsourcing kebutuhan logistik mereka daripada membeli armada baru dan mengurus semuanya sendiri.

 

Dalam perdagangan internasional, forwarder ekspor memiliki beberapa peran penting, yaitu:

 

  1. Pengumpulan Barang: Mengumpulkan barang dari beberapa pengirim yang berbeda dan mengirimkannya ke berbagai penerima dengan cara yang efisien.
  2. Pengangkutan Barang: Menyediakan layanan pengiriman melalui berbagai mode transportasi, seperti darat, laut, dan udara, menggunakan dokumen intermodal.
  3. Pendokumentasian Barang: Menyusun dokumen multimodal transport sebagai kontrak pengiriman barang ke tempat tujuan yang ditentukan.
  4. Packing Barang: Memastikan keamanan, keaslian, dan kepuasan klien saat mengemas barang untuk pengiriman.

 

Lalu, menggunakan layanan forwarder ekspor jauh lebih hemat. Ini menjadi alasan utama mengapa perusahaan-perusahaan dan brand terkenal mempercayakan UNIAIR CARGO sebagai  solusi logistik end-to-end mereka. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan ekspor.

 

1. Dokumen Ekspor

Dokumen yang biasanya diperlukan untuk proses ekspor meliputi:

  • Packing List: Pastikan Anda mengetahui klasifikasi HS Code untuk barang Anda sehingga barang tidak ditahan oleh bea cukai. Perhatikan juga nilai nominal, untuk menghindari masalah hukum akibat manipulasi pajak.
  • Commercial Invoice: Dokumen ini digunakan oleh pihak bea cukai dalam menganalisis bea kepabeanan.
  • Bukti Pembayaran Bea Keluar.
  • Surat Keterangan Asal (SKA) dan Pemberitahuan Ekspor (PEB) juga perlu disiapkan dengan cermat.

 

Pastikan dokumen packing list juga mencakup tanggal pembuatan packing list, nomor PO, data eksportir dan importir secara lengkap, nama barang secara detail, dan jumlah barang yang akan diekspor.

 

2. Dokumen Purchase Order (PO)

Pastikan Anda memiliki dokumen Purchase Order yang ditujukan untuk pembeli dari luar negeri. Jika Anda mengirimkannya untuk cabang perusahaan Anda di luar negeri (misalnya produk FMCG), pastikan dokumen Purchase Order Anda ditujukan kepada pengelola di cabang perusahaan tersebut.

 

3. Perencanaan Ekspor

Anda telah memutuskan untuk mengekspor barang, namun perlu merencanakan langkah dengan matang. Proses ekspor memerlukan perencanaan yang cermat, yang melibatkan beberapa elemen berikut:

  • Pilih moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, antara kargo udara (air freight) untuk pengiriman cepat atau kargo laut (ocean freight) untuk pengiriman yang lebih hemat biaya.
  • Temukan pembeli potensial di luar negeri menggunakan platform profesional seperti LinkedIn atau melalui kampanye pemasaran digital yang ditargetkan secara internasional.
  • Perhatikan pengemasan produk Anda untuk melindungi produk selama pengiriman internasional. Pertimbangkan untuk mendapatkan asuransi pengiriman guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

 

Ekspor forwarder biasanya memiliki sejumlah tugas penting yang berkaitan dengan pengiriman barang. Beberapa tugas utama dan manfaat dari ekspedisi muatan dalam kegiatan sehari-hari antara lain:

 

1. Memilih Rute Pengiriman

Memilih rute merupakan bagian tak terpisahkan dari tugas seorang ekspor forwarder. Ini membantu memastikan bahwa waktu pengiriman menjadi lebih efisien. Selain itu, tugas ekspedisi muatan juga melibatkan pemilihan transportasi yang sesuai untuk pengiriman serta memesan muatan barang, baik dalam bentuk kontainer penuh (FCL) maupun kontainer parsial (LCL).

 

2. Pengurusan serta Penerbitan Dokumen

Mengurus pengiriman barang perdagangan internasional dan dokumen yang terkait adalah salah satu tugas penting seorang ekspor forwarder. Mereka harus memahami konsep Letter of Credit (LoC) yang mencakup aturan perdagangan internasional, peraturan di negara tujuan impor, prosedur transit, serta persyaratan bea cukai yang berlaku.

 

3. Menyederhanakan Proses Ekspor Impor

Sudah umum jika proses ekspor-impor melibatkan jasa ekspedisi muatan. Mengingat jarak yang harus ditempuh dalam pengiriman barang antara importir dan eksportir cukup jauh, peran jasa ini sangat penting untuk memastikan barang sampai ke tangan importer tepat waktu dan dengan lancar.

 

Keunggulan lain dari ekspor forwarder adalah bantuan dalam pembuatan berbagai dokumen yang diperlukan untuk proses pengiriman barang, baik itu dari maupun ke luar negeri, seperti bea cukai, dokumentasi ekspor impor internasional, asuransi, pengemasan, penyimpanan barang (warehousing), hingga manajemen inventaris.

 

UNIAIR CARGO telah mengatasi berbagai kebutuhan logistik bagi perusahaan manufaktur dan distributor, mulai dari penanganan barang rapuh, barang berbahaya, hingga barang berukuran besar seperti helikopter. UNIAIR CARGO menempatkan pengiriman tepat waktu sebagai misi utama. UNIAIR CARGO berdedikasi untuk menyediakan layanan end-to-end terbaik dalam logistik untuk bisnis Anda, termasuk freight forwarding, pembersihan bea cukai, jasa kurir, PLB eCommerce, fulfillment, eCommerce Enabler (STORE2GO), dan banyak masih lagi.

 

Source:

http://repo.unr.ac.id/175/1/Cok%20Istri%20Yulia%20Astrianita.pdf

https://www.uniaircargo.co.id/blog/mengapa-ekspor-dan-impor-membutuhkan-jasa-forwarder-425

https://www.uniaircargo.co.id/blog/cara-mengekspor-barang-ke-luar-negeri-dengan-mudah-424

http://repository.stei.ac.id/8213/1/680-Article%20Text-2856-1-10-20220822.pdf

https://www.bhinneka.com/blog/pengertian-freight-forwarder-tugas-freight-forwarder/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *